Organisasi Indische Partij (Partai Hindia) dan Tiga Serangkai

Organisasi Indische Partij (Partai Hindia) dan Tiga Serangkai - Setelah hampir beberapa bulan, blog duniazu tidak berselancar di dunia maya kali ini blog yang membahas tentang kumpulan-kumpulan sejarah dunia termasuk Indonesia akan membahas dengan singkat dan sederhana mengenai Organisasi Indische Partij (Hindia Belanda).

Indische Partij (IP) didirikan oleh tiga serangkai, yaitu Douwes Dekker, Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara) di kota Bandung pada tanggal 25 Desember 1912. Organisasi Indische Partij bercorak politis dan berpogram nasionalisme dalam pengertian modern.

Program kerja Indische Partij (IP) yang ditetapkan dalam musyawarah antara lain sebagai berikut:
1. Meresapkan cita-cita kesatuan nasional Indonesia.
2. Memberantas kesombongan sosial dalam pergaulan, baik di bidang pemerintahan maupun kemasyarakatan.
3. Memberantas usaha-usaha yang membangkitkan kebencian antara agama yang satu dengan agama yang lain.
4. Memperbesar pengaruh pro-Hindia (Indonesia) di dalam pemerintahan.
5. Memperbaiki keadaan ekonomi bangsa Indonesia terutama memperkuat mereka yang perekonomiannya lemah.

Melihat program kerja tersebut, dapat disimpulkan bahwa Indsiche Partij merupakan partai politik yang bercita-cita mewujudkan Indonesia merdeka. Oleh karena itu, pemerintah kolonial Belanda tidak mengakui bahkan melarangnya karena dianggap sangat berbahaya.




Sebelumnya, melalui surat kabar de Express, paham Indsiche Partij (IP) disebarluaskan. Selain itu, ditegaskan pula bahwa nasib masa depan bangsa Indonesia terletak di tangan sendiri dan praktik kolonialisme harus dihapuskan. Pada bulan Desember tahun 1912, Indische Partij menyelenggarakan musyawarah di Bandung serta berhasal menyusun anggaran dasar dan program kerja.

Dalalam anggaran dasar, telah dicantumkan tujuan Indische Partij, yaitu menumbuhkan dan meningkatkan jiwa integrasi semua golongan untuk memajukan tanah air yang dilandasi jiwa nasional dan mempersiapkan diri ke arah kehidupan rakyat yang merdeka sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan oleh Indische Partij yang telah disebutkan di atas.

Demikianlah artikel singkat dan sederhana mengenai Organisasi Indische Partij (IP) dan Tiga Serangkai dan semoga dapat membantu Anda untuk mencari artikel terkait.

Belum ada Komentar untuk "Organisasi Indische Partij (Partai Hindia) dan Tiga Serangkai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel